Senin, 20 November 2017

Tips Membudidayakan Udang Vaneme Dengan Cara Modern Menggunakan Pupuk Yatop Di

Cara Membudidayakan Udang Vanamei Dengan Cara Semi Intensif Memakai Pupuk Organik Yatop


1. Cara merawat udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu penting, pertama yang wajib di sterilkan adalah media air terlebih dahulu. Taburlah Pupuk 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan cara dikombinasikan air, usahakan penaburan serata mungkin. Hal ini bertujuan agar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton berkembang secara cepat serta kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang tidak cepat naik ke atas dan senang saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan tumbuh dengan cepat.


Usahakan ditiap 1 minggu sekali di tabur pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah tambak, menjaga kesehatan udang lebih agresif, lincah dan nafsu makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar ditiap 1 pekan sekali merupakan hal yang harus, karena untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang berubah-ubah. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar adalah 15 liter sampai bisa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang susah moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang cepat subur ditandai dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun jika udang susah moulting pasti ada hal yang kurang di dalam tambak. Penyebabnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani enggan untuk meneliti. Rata-rata pembudidaya kita pengen instan. Penyebab udang tidak moulting dikarenakan kondisi kulit udang mengeras. Solusinya adalah Taburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tabur ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat yatop itu perih jika terkena luka, rasa perihnya itu hanya dalam waktu sekian detik atau menit, apabila terkena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat ganti kulit. Biasanya udang akan ganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat ditolong ?



Udang bisa stress karena banyak penyebab, seperti misalnya adalah kondisi di dasar tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Cirinya yakni kalau tutup botol sedikit di buka kemudian ditutup kembali maka proteinnya akan muncul ke permukaan berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan naik ke permukaan maka solusi tepatnya adalah menaburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar lalu tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun juga maka taburkan kembali yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tebar maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka Usahakan dilakukan penaburan pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 pekan sekali. Jangan lewat satu pekan karena akan menyebabkan udang stress kembali.


4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih dapat diperbaiki, caranya adalah harus dikembalikan ke alam. Pakai kotoran sapi, karena di dalam lument sapi ada banyak mikroba yang berguna untuk tanah dan bisa bertahan hingga 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, tiap hari di aduk selama 5 menit. Jika sudah 1 minggu taburkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan hingga 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan jarang ditemui di berbagai kota di Indonesia. Kelebihannya adalah sebagai berikut :


1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh yatop dalam kurun waktu berkisar 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke bawah. Lama kelamaan air tadi akan terasa seperti manis jambu air.


2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang tercemar oleh limbah dari pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam 3 hari berubah warnanya. Oleh karena itu kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke dalam tambak lebih baik ditabur pupuk yatop dulu apabila sudah 3 hari barulah masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur pupuk yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini sudah dibuktikan dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH telah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan subur.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka lumpurnya akan berubah menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena pupuk merupakan sumber makanan untuk bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera baik sebagai sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat disembuhkan dalam waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka hasilnya udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat terobati.


7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang sudah di tabur Yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang tersebut hidupnya tak akan lama, besok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat peristiwa seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan normal kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang sudah menggunakan pupuk Yatop ketika dipanen dagingnya sudah terbebas dari bahan kimia. Warna udang akan cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

bakso mas asep

Popular Post

bakso mas asep
 
Back To Top