Sabtu, 16 September 2017

Tips Budidaya Udang Vanamei Dengan Cara Modern Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072615_16.jpg

1.Bagaimana memelihara udang vaname tidak terserang virus Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu paling utama, pertama yang harus di sterilkan adalah Air terlebih dahulu. Taburlah Yatop sebanyak 3 Liter/hektar ke area tambak dengan dikombinasikan air, lakukan penaburan serata mungkin. Hal ini bertujuan biar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton tumbuh secara cepat selain itu juga kondisi tanah didasar tambak cepat sekali berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan senang saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan tumbuh dengan besar. Lakukan ditiap 1 pekan sekali di tabur pupuk yatop 1 liter/hektar bertujuan untuk menjaga ekosistem di wilayah tambak, merawat kesehatan udang lebih aktif, gesit dan nafsu makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar ditiap 1 pekan sekali merupakan hal yang harus, dikarenakan untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan yatop dalam 1 hektar adalah 15 liter sampai masa panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang susah moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang tumbuh subur ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun kalau udang susah moulting pasti ada sesuatu yang kurang di dalam tambak. Penyebabnya ini harus dicari. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang susah bahkan pembudidaya malas untuk meneliti. Rata-rata pembudidaya di Indonesia ingin instan. Faktor udang tidak moulting dikarenakan kondisi kulit udang yang mengeras. Solusinya adalah dengan menaburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tabur ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu perih jika terkena luka, rasa perihnya itu hanya dalam waktu sekian detik atau menit, jika kena kulit udang maka udang akan lebih cepat ganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit membutuhkan waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?Udang bisa stress

dikarenakan banyak faktor, misalkan adalah kondisi di area tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop merupakan pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Cirinya yakni kalau tutup botol di buka lalu ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke atas berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan naik ke permukaan maka solusinya adalah menaburkan Yatop 3 liter/hektar kemudian tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun maka taburkan lagi yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan pupuk yatop maka Usahakan dilakukan penaburan pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 pekan sekali. Jangan lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress kembali.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih dapat diperbaiki, caranya adalah harus dikembalikan ke alam. Pakai kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang bermanfaat buat tanah dan dapat bertahan sampai 3 bulan lamanya. Rumus pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi selama 1 minggu, tiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Setelah 1 minggu taburkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan sampai 5 hari setelah timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Kelebihan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai kota di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu berkisar 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama kelamaan air tadi berasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam waktu 3 hari akan berubah warnanya. Maka dari itu saya menyarankan sebelum udang dimasukan ke area tambak lebih baik ditabur pupuk yatop dulu jika sudah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan pupuk merupakan sumber makanan bagi bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Subur

Tambak yang di taruh dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera baik untuk makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di tabur pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang tersebut hidupnya tak akan lama, esok atau lusa udang akan mati. Jika melihat peristiwa seperti itu maka solusi tepatnya Taburkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah menggunakan yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging kenyal, dan rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

bakso mas asep

Popular Post

bakso mas asep
 
Back To Top